Jumat, 04 Mei 2012

Logo Baru UIN SUSKA RIAU

      Tepat tanggal 2 Mei 2012 kemaren, Lambang UIN SUSKA RIAU telah resmi diganti dengan Logo Baru. Penggantian lambang ini berkaitan  dengan berubahnya nama IAIN menjadi UIN SUSKA RIAU pada tahun 2005 lalu. Dengan berubahnya nama ini, maka Universitas ini juga mengalami perubahan  dalam orientasi, Visi dan Filosofi. Menurut Rektor UIN SUSKA RIAU Bapak Prof. Dr HM Nazir Karim MA, bahwa Lambang ini hanya berubah Gamabarnya saja. Tetapi Maknanya disesuaikan dengan Visi dan Misi UIN SUSKA Riau menuju Word Class University. 


        
            Makna dari Logo ini adalah :
  1. Pola disainnya berupa Kaligrafi dengan kata Iqra' berbentuk segi delapan yang menggambarkan simbol Islami yang bermakna penguatan iman, ilmu dan amal. 
  2. Arti Lafaz Iqra' ini adalah " Bacalah " yang memerintahkan manusia untuk menuntut Ilmu. Dalam hal ini UIN SUSKA RIAU dituntut untuk melaksanakan pendidikan dan pengajaran serta latihan untuk melahirkan SDM yang berkualitas akademik, Profesional, dan memiliki pribadi Islami. 
  3. Spiral diagonal berwarna kuning yang berada di tengah-tengah logo adalah menggambarkan garis yang tak pernah putus. Artinya adalah Ilmu Pengetahuan itu tidak akan pernah berhenti, terus berputar walaupun  manusaia yang menguasainya sudah meninggal. 

Tidak ada komentar:
Write komentar
Recommended Posts × +